sehat secara alami

Translate

Tuesday 22 October 2013

Cara Menghindari Diabetes

Ada beberapa jenis diabetes yaitu diabetes tipe 1, tipe 2 dan diabetes yang disebut dengan istilah gestational diabetes. Diabetes yang kerapkali ditemukan biasanya yang tipe 2. Diabetes jenis ini terjadi karena zat yang harusnya dapat mencegah penyakit ini terjadi tidak terlalu berfungsi. Salah satu pemicunya biasanya adalah obesitas atau kegemukan.
Diabetes tipe 2 ini, karena lebih sering terjadi, ada baiknya jika kita melakukan pencegahan. Caranya adalah dengan mengurangi berat badan. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut bagaimana menghindari diabetes tipe 2 ini

Kurangi Berat Badan
Selain membuat bentuk tubuh Anda bagus, fitness atau kegiatan olahraga apapun yang dapat menurunkan berat badan juga akan membuat tubuh Anda sehat. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa semakin tubuh Anda terbentuk, semakin kecil kemungkinan terkena diabetes.
Lakukanlah olahraga seperti bersepeda, berlari dan berenang. Kegiatan ini akan membakar gula di dalam darah Anda dan Akan menghindarkan Anda dari diabetes.
Tidur yang Cukup
Jika Anda sering begadang dan hanya tidur sebentar, usahakan untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Karena menurut sebuah penelitian, jika Anda tidur kurang dari 6 jam saat malam sangat berisiko terkena diabetes. Usahakan untuk tidur selama tujuh jam agar tubuh Anda memiliki waktu yang cukup untuk istirahat.
Konsumsi Makanan Berserat
Salah satu penyebab diabetes adalah makanan yang manis-manis. Jika Anda baru saja mengonsumsinya, segeralah mengambil buah yang kaya akan serat seperti buah pir. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan nasi merah untuk diet gula ini. Mengonsumsinya sebanyak dua porsi seminggu ternyata dapat mengurangi terkena diabetes, bahkan hingga 11%.
Hindari Stress
Stress ternyata dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, tidak terkecuali diabetes ini. Masih menurut situs yang sama, saat kita stress, bagian tubuh kita mengeluarkan zat gula. Zat gula inilah yang bisa menyebabkan diabetes.
Maka dari itu, cobalah untuk bersantai, jangan terlalu stress. Anda dapat mengurangi stress ini dengan meditasi, relaksasi atau mendengarkan musik.
Konsumsi Asam Lemak Omega-3
Asam lemak omega-3 ini dapat Anda temukan pada beberapa macam ikan seperti salmon dan sarden. Konsumsilah minimal satu porsi dalam seminggu. Hal ini dapat meningkatkan kerja zat yang bertugas menjaga tubuh Anda supaya tidak diabetes.
Konsumsi Vitamin D
Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian bahwa jika Anda mengonsumsi cukup Vitamin D, peluang terkena diabetes semakin berkurang. Vitamin ini banyak terdapat di ikan yang berlemak serta olahan-olahan susu. Anda juga bisa menambah Vitamin D dengan mengonsumsi suplemen.
Konsumsi Rempah-rempah
Jenis rempah-rempah yang disarankan di sini adalah kayu manis, karena juga ampuh dalam mengurangi kemungkinan diabetes. Kayu manis juga dapat meningkatkan kinerja insulin. Anda dapat mengonsumsinya dengan menaburi makanan Anda dengan kayu manis atau campurkan ke dalam resep makanan Anda.
Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup ditakuti. Namun, juga termasuk ke dalam penyakit yang cukup mudah pencegahannya, yaitu dengan melakukan hal-hal di atas. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

No comments: