sehat secara alami

Translate

Tuesday 9 July 2013

Tips sehat sepakbola saat menjaga lawan

1. Menjaga lawan .
Jaga lawan cukup dekat sehingga rekannya tidak bisa mengoper bola ke dia, kecuali bila pelatih kamu instruksikan untuk menjaga daerah. Cara ini disebut dengan man to man making, jaga lawan per lawan seperti di permainan basket.
(sumber: www.actionsports- international.com )

1. Tetap jaga lawan. Jangan coba ambil bola dari lawan yang sedang memegang bola.

2. Jangan melakukan sliding tackles . Bila kamu gagal merebut bola atau mematikan bola, lawan dapat melewati kamu dengan mudah.

3. Bertindak cepat. Bila lawan mencoba mengoper ke rekannya, rebut bola dan coba cegat operan bola.

4. Mencegah peluang membuat gol:
*. Bila lawan menerima bola, jangan boleh dia merubah posisi menghapd gawang kita.
*. Blok. Bila lawan memegang bola dan menghadap gol, jangan berikan peluang untuk menembak ke gawang. Tetap berdiri dalam jarak 40-60cm. Bila lawan menembak ke gawang, gerakan tubuh untuk memblok tendangan lawan.
*. Bila lawan bergerak,ikuti gerakannya. Tetap berdiri pada ujung kaki, waspada. Bila kamu memberikan ruang kepada lawan, lakukan kearah sisi mendekat garis tepi, sehingga lawan lebih manjauh dari gawang.
*. Jangan biarkan lawan melewati kamu. Tetap berdiri pada ujung kaki, siaga dan siap-siap utuk lari cepat/sprint setiap saat.

5. Jangan pernah menyapu atau merebut bola dengan usaha penuh karena lawan akan berkelit dan mendribble melewati kamu. Tetap jaga dekat dan tunggu.

6. Gunakan dukungan rekan. Bila ada rekan dibelakng kamu , maka kamu boleh mencoba merebut bola. Tapi bila tidak ada teman dibelakang yang mendukung, jangan coba-coba merebut. Tetap jaga rapat. .

7. Bermainlah agresif dan mengganggu lawan dalam batas yang sesuai.

8. Buatlah lawan anda berfikir tentang kemampuan kamu bukan hal lain yang terjadi di lapangan.

9. Jagalah sebaik dan sebisa mungkin. Bila tidak banyak rekan disekitar daerah pertahanan, perlambat lawan dan cari waktu agar rekan kembali ke posisi. Sebaliknya bila ada cukup pemain bertahan, kamu bisa lebih agresif.

10. Ketahui kecepatan dan keterampilan lawan, bandingkan dengan kamu dan ambillah resiko.

11. Sesekali lihat keseputar kamu dan waspada pemain lawan yang mau masuk. Coba antisipasi lawan yang mau masuk.

12. Gunakan tipuan. Tipuan adalah manjur sebagaimana kecepatan. Bila lawan anda mengira kamu pasif , kamu boleh membuat kejutan padanya.

13. Jangan lihat kaki lawan, lihat bola..

14. Tetap berdiri diantara lawan dan gawang sendiri

15. Tunggu hingga lawan membuat kesalahan dan sergap. .
Bila lawan mengalahkan anda dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang, tetaplah mengajar melihat bila lawan membuat kesalahan atau dengan tetap mengejar akan menekan lawan. Berfikirlah sebelum menjatuhlan lawan. Fahamilah bila kamu menjatuhlan lawan, sering ini menyebabkan kamu mendapat katu kuning.

16. Selalu berfikir satu langkah lebih cepat dari lawan.
17. bertanggung jawab.

No comments: