sehat secara alami

Translate

Thursday 11 July 2013

TIPS Mengatasi Rasa Takut, Grogi dan Panik

Perasaan takut, grogi, cemas, serta panik sering terjadi dimana saja. Biasanya perasaan tersebut muncul ketika Anda melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan keinginan atasan, atau salah dalam mengerjakannya.
Tak sedikit orang tidak tahu harus berbuat apa saat mereka dilanda rasa panik yang luar biasa. Agar Anda bisa terhindar dari perasaan tersebut, simaklah cara mengatasinya di sini,

1. Tarik Nafas dan Rileks
Ketika mulai merasa panik, lakukan peregangan otot-otot yang terasa tegang di bagian tubuh Anda, misalnya wajah, lengan kanan dan kiri, leher, dan lain sebagainya. Lakukanlah selama beberapa detik. Cara ini bisa membantu Anda menjadi sedikit lebih rileks. Pastikan pula atur nafas Anda dengan benar.

2. Mengubah Atmosfer
Mengubah keadaan di sekitar Anda bisa mencegah timbulnya serangan panik. Cobalah minum segelas air dingin, berbicara dengan rekan kerja dan melontarkan sedikit lelucon, serta menyanyikan lagu favorit Anda. Cara tersebut bisa membantu Anda menghilangkan pikiran negatif yang timbul, sehingga dapat meredakan rasa panik.

3. Membasuh Muka
Rasa panik berlebih tentunya bisa memperburuk keadaan. Sebaiknya pergilah ke kamar mandi untuk membasuh muka Anda. Ini dapat membantu Anda mengurangi rasa panik berlebih, sehingga wajah pun akan terlihat lebih segar.

4. Menghirup Udara Segar
Manfaatkanlah waktu istirahat makan siang dengan pergi keluar untuk menghirup udara segar sejenak. Selain membuat keadaan jauh lebih tenang, ini juga dapat membantu Anda untuk membuka pikiran. Cara tersebut merupakan teknik manejemen stres yang patut ditiru.

5. Menghubungi Teman Terdekat
Menceritakan apa yang telah terjadi kepada teman terdekat merupakan hal yang tepat. Cara ini dapat membantu Anda meredam rasa panik. Selain itu, tentunya teman dekat Anda dapat memberikan saran yang terbaik itulah gunanya teman.

6. Minta Dukungan dari Orang Terdekat
Mintalah kepada keluarga atau kekasih untuk membantu Anda menghadapi rasa takut, dan melewati kepanikan yang melanda Anda. Sebab, timbulnya perasaan tersebut sangat membutuhkan perhatian yang lebih untuk mengatasinya.

No comments: