sehat secara alami

Translate

Thursday 11 July 2013

6 TIPS Mengelola Rasa Frustasi Pada Diri Sendiri

Stres tidak hanya berdampak negatif terhadap kesehatan seperti sakit kepala, masalah perut dan kecemasan. Tetapi juga mempengaruhi memori dan kinerja kognitif pada otak. Bahkan menurut profesor David Almeida, Ph.D, stres membuat Anda melupakan hal yang terjadi dalam jangka pendek dan melakukan lebih buruk pada tugas kognitif.
“Ketika kita marah dalam menghadapi stres akan mengalami peningkatan kortisol atau gangguan fisiologi sehari-hari. Lama kelamaan sistem kerja kardiovaskular lebih keras,” terang David.
Agar stres tidak memperburuk kesehatan, menurut David Almeida seseorang harus menganggap stres sebagai tantangan dalam hidup dan mampu mengelolanya demi meningkatkan suasana hati. Nah, berikut ini cara mengelola rasa frustasi dalam diri:

1. Mengeluarkan keringat
Memobilisasi energi dalam menghadapi stressor akan meningkatkan denyut jantung dan glukosa dikirim ke seluruh bagian tubuh. Ketegangan pada tubuh pun akan berkurang seiring keluarnya keringat. Sebelum Anda mengalami stres, lebih baik seringlah berolahraga seperti joging kalo saya.

2. Jadilah pencari solusi
Cobalah fokus pada pemecahan masalah dari pada emosi karena masalah Anda. Buatlah daftar semua langkah yang perlu Anda ambil untuk mendapatkan sesuatu yang dicapai. Jika Anda membuat kemajuan, lebih mudah mengelola tugas dan perilaku pun lebih rasional.

3. Tertawa
Dalam menghadapi tantangan sangat diperlukan mempertahankan suka cita, kebahagiaan atau humor untuk membatasi durasi respon stres. Dengan tertawa dan tersenyum akan meningkatkan hormon endorfin maka dari itu rajin-rajin lah nonton film humoris seperti ovj dan lainnya.

4. Selalu bersyukur
Seseorang yang berfokus pada perasaan bersyukur, kualitas tidurnya akan lebih baik. Mood pun akan meningkat.

5. Melakukan pijatan
Saat terjadi penekanan pada kulit akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Akibatnya kelenjar adrenal mengurangi pelepasan hormon stres.

6. Sering makan sayur
Penelitian baru menunjukkan bahwa kebahagiaan tertinggi adadi antara orang yang makan tujuh porsi buah dan sayuran per hari begitu sobad kata david almeida sih doi profesor loh so coba saja cara ini.

No comments: